Tips Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Tips Cara Membersihkan Karang Gigi Secara AlamiTimbulnya karang gigi menjadi masalah yang sangat menyebalkan. Anda pasti menjadi kurang percaya diri jika memiliki karang gigi. Jika Anda memiliki masalah karang gigi, Anda harus tahu cara membersihkan karang gigi secara alami pada gigi Anda.

Karang gigi adalah merupakan endapan keras yang menempel pada gigi manusia. Biasanya, karang gigi berwarna putih kekuningan hingga hijau kehitaman. Karang gigi bisa menempel di permukaan gigi, tambalan, maupun pada gigi palsu. Karang gigi terbentuk dari plak yang pada permukaan gigi. Plak yang menempel mengalami proses mineralisasi sehingga menjadi suatu endapan keras karang gigi yang sulit di bersihkan. Plak yang mengendap biasanya berasal dari cairan mulut, makanan, dan minuman. Umumnya karang gigi muncul pada bagian tepi gusi (supragingival), terkadang karang gigi juga bisa muncul pada celah antara gigi dan gusi (subgingival).

Pembentukan karang gigi sebenarnya dapat dicegah. Selama Anda membersihkan gigi dengan benar dan teratur, terutama pada bagian sela-sela gigi, maka plak yang menempel bisa dibersihkan sebelum terlanjur mengeras dan menjadi endapan.

Tingkat karang gigi pada mulut seseorang tidak sama. Karang gigi menjadi penyebab kedua kerusakan gigi setelah karies. Kuman-kuman akan bersarang pada karang gigi. Semakin tebal karang gigi, biasanya semakin berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mencari cara membersihkan karang gigi secara alami.

Rajin Sikat Gigi (Minimal Dua Kali Sehari)

Rajin sikat gigi minimal dua kali sehari merupakan cara termudah untuk mencegah terjadinya karang gigi. Lakukan sikat gigi dengan benar. Bagian gusi juga harus dibersihkan. Bersihkan gusi bagian atas dan bawah agar tidak ada plak yang menempel.

Biji Asam Kawak

Kita bisa menggunakan biji asam kawak untuk menghilangkan karang gigi. Caranya, sangrai biji asam kawak, lalu haluskan biji asam kawak dengan cara diblender atau ditumbuk. Bubuk biji asam kawak yang telah halus bisa digunakan untuk menggosok karang gigi.

Cengkeh

Membersihkan karang gigi juga bisa menggunakan cengkeh. Caranya, siapkan 7 buah cengkeh, lalu  tumbuk halus. Hasil tumbukan bisa digunakan untuk menggosok karang gigi. Selain itu bubuk cengkeh bisa juga digunakan untuk berkumur.

Buah Apel

Mengonsumsi buah apel juga dapat membantu membersihkan gigi dari karang gigi. Caranya, makan buah apel tanpa dikupas kulitnya. Buah apel akan melindungi gigi dari timbulnya plak. Selain itu kandungan vitamin pada buah apel juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Membersihkan karang gigi bukanlah proses yang mudah. Jika cara-cara alami tidak bisa banyak membantu, sebaiknya Anda meminta bantuan pada dokter gigi. Dokter gigi bisa membersihkan karang gigi menggunakan alat-alat kedokteran yang profesional. Gigi akan menjadi bersih dari karang gigi. Namun membersihkan karang gigi membutuhkan biaya yang lumayan mahal.

Setelah gigi bebas dari gangguan karang gigi, Anda harus tetap merawat gigi Anda untuk mencegah timbulnya karang gigi kembali. Cara membersihkan karang gigi secara alami yang telah dibahas di atas akan sangat efektif untuk melindungi gigi Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s